Wednesday, August 19, 2015

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


Hidung anda tersumbat? Jangan khawatir, kami punya tujuh tips untuk memecahkan masalah hidung tersumbat anda, langsung saja:

1. Jangan Mengeluarkan Ingus Kuat-kuat

Seringkali kita lihat orang yang sedang mengalami flu atau pilek membuang ingusnya kuat-kuat, hal ini dapat membuat radang pada lapisan hidung dan justru penyumbatan akan semakin menjadi-jadi. Cara yang dianjurkan adalah keluarkan lendir secara perlahan dari lubang yang satu bergantian ke lubang lain sehingga aman untuk lapisan hidung.

2. Air Panas

Hal ini cukup mudah dan bisa dipraktekkan sesering mungkin, uap yang lembab dari air panas dapat dihirup oleh hidung tersumbat gunanya mengurangi peradangan dan dalam waktu pendek anda dapat bernafas agak lebih dalam lagi. Walau dalam proses ini penyumbatan hidung berangsur pulih, tapi sebaiknya anda tetap membuang lendir dari dalam hidung.

3. Kompres Air Hangat

Cara ini yaitu dengan menyiapkan air hangat, hingga anda merasakan hasil yang diharapkan. Siapkan handuk kecil dan air hangat sesuai yang anda inginkan lalu tempelkan pada hidung secara horisontal ke pipi kanan dan kiri. Ini dilakukan sebaiknya dalam posisi berbaring dengan 1 bantal, dan ulangi lagi jika kain sudahterasa dingin hingga anda merasakan hasilnya.

4. Menghirup inhaler atau minyak angin

Dua bahan ini mengandung menthol dan kamper yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Cara pemakaiannya cukup simpel, langsung dihirup dan dioles tipis dibawah lubang hidung, atau bisa juga dioles disekitar leher.

5. Makan Makanan Pedas

Pernahkah anda melihat orang yang sedang makan pedas hingga muka merah keringetan dan bahkan ingusan? Hal ini bermanfaat bagi yang mengalami hidung tersumbat. Rasa pedas pada makanan dapat membantu merangsang lendir keluar hingga lendir lebih encer dan dapat mudah dikeluarkan.

6. Tidur Dengan 2 Bantal

Tidur dengan 2 bantal untuk mendapatkan posisi tidur setengah menunduk berguna agar pernafasan tidak tersumbat karena dampak adanya daya gravitasi.Cara simple ini dapat membantu mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.

7. Penguapan / Steaming

Ternyata proses penguapan atau steaming tidak hanya bagus untuk rambut, namun juga dapat mengurangi peradangan hidung dan memperlancar aliran pernafasan. Caranya, siapkan handuk kecil untuk rambut dan air baskom yang hangat, lalu cuci handuk dalam air panas lalu tutupi kepala dengan handuk hangat tersebut. Namun perlu diperhatikan agar diusahakan air tidak terlalu panas karena hal ini dapat merusak kesehatan rambut.


Demikian tujuh tips singkat yang sederhana namun terbukti dapat membantu melancarkan hidung yang tersumbat. Temukan berbagai tips kesehatan dan kecantikan lainnya yang mungkin anda butuhkan atau bermanfaat bagi orang-orang terdekat anda. Salam Sehat!

No comments:

Post a Comment